Facebook Advertising Yang Dinamakan “Promoted Post”, Seberapa Efektifkah…???

| November 22, 2012 | 0 Comments

Topik postingan ini secara khusus saya tuliskan karena ada salah satu teman di komunitas online kami yang menanyakan mengenai apakah yang disebut dengan “Promoted Post Facebook Advertising”?

Memang benar bahwa sekitar pertengahan tahun 2012, facebook telah mengeluarkan satu tambahan jenis iklan terbarunya yang dinamakan dengan istilah “Promoted Post”. Dinamakan promoted post atau dalam bahasa indonesianya adalah “post yang dipromosikan”, adalah karena yang diiklankan adalah status update /postingan yang anda tulis di facebook page.

Apabila kita cermati lebih jauh, facebook semakin hari semakin berusaha mempermudah kita untuk melakukan advertising di facebook, dan sangat wajar facebook melakukan hal tersebut karena sampai saat ini sumber pemasukan terbesar untuk facebook adalah dari advertising. Hal ini juga dapat kita amati pada perkembangan terbarunya dimana facebook sudah mulai menerapkan fitur yang dinamakan “Rotating Ads” dimana iklan – iklan yang kita lihat di sebelah kanan layar facebook kita masing – masing akan mengalami pergantian gambar iklan setiap beberapa detik sekali apabila anda tidak melakukan klik terhadap gambar – gambar iklan tersebut. Upaya ini dilakukan facebook semata – mata untuk mendapatkan jumlah klik yang lebih tinggi dari para pengunjung / user sehingga akan semakin banyak pula advertiser yang akan memasang iklan di facebook dan dengan demikian facebook semakin memperbesar sumber pemasukan utamanya yaitu advertising. Sederhana dan cukup mudah dipahami bukan… dan satu hal yang dapat kita simpulkan bahwa kedepannya facebook akan semakin memperioritaskan, melakukan eksplorasi dan inovasi mendalam untuk format periklanannya. Dengan demikian kita sebagai advertiser / pihak yang ingin memasang iklan di facebook tidak perlu kuatir dan semakin yakin bahwa melakukan promosi dengan beriklan di facebook adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis online anda baik barang maupun jasa!

Saya pribadi lebih suka bercerita kepada teman – teman apabila saya sendiri telah mempraktekkannya sehingga saya mengetahui secara pasti apa artinya, bagaimana cara kerjanya, kelemahan dan kelebihannya. Oleh karena itu, pada bulan september, oktober dan november 2012 berturut saya memasang promoted post total sebanyak 8 kali, untuk memasarkan helm saya.

 

Cara Mengaktifkan Promoted Post

Silahkan anda membuat sebuah postingan di facebook page sama persis seperti anda mengupdate status di facebook profil. Setelah postingan dipublish, tekanlah tombol bertuliskan “promote” di sebelah kanan bawah postingan anda, lalu perhatikan 3 opsi sebagai berikut:

1. Centanglah target audience: “people who like your page and their friends” agar iklan ini dilihat oleh para fans dan teman – teman dari fans anda

2. Pilihlah budget iklan yang sesuai dengan keinginan anda. Facebook juga sudah memperlihatkan kepada anda estimasi visitor yang akan melihat postingan anda

3. Apabila anda belum pernah melakukan advertising, anda wajib setting metode pembayaran anda terlebih dahulu

Apabila semuanya sudah sesuai, tekan tombol “promote post” dan iklan akan aktif dan mulai berjalan selama 3 hari berturut – turut

 

Studi Kasus PabrikHelm.com

Saya sudah menjalankan iklan promoted post sebanyak 8 kali, dimana saya sediakan budget sebesar 30 dollar sekali iklan berjalan. Pada postingan ini saya mengambil salah satu contoh promoted post yang dapat mewakili tujuh iklan lainnya, yaitu promoted post dengan ketentuan sebagai berikut:

Jenis ads: Promoted Post

Lama iklan: 3 hari berturut – turut

Total Budget: 30 dollar

Produk: Helm NHK Full Face

Gambar: Foto 5 helm NHK berderet kebelakang

Promosi: Diskon untuk setiap pembelian helm NHK terbaru, di pabrikhelm.com

Setelah 3 hari iklan berjalan dan selesai, saya mendapatkan analisa data dari facebook ads manager seperti yang tertera pada gambar dibawah ini:

A. Rincian biaya, jumlah klik dan CTR promoted post saya (dilihat dari facebook ads manager)

Kesimpulan: Saya mengeluarkan total budget sebesar 30 dollar dan mendapatkan sebanyak 2.459 Clicks dengan

Moisturized together one heading. Size where to buy prednisone 10mg shadows it from out spread here never your cafergot shortage this wipes darker http://www.meda-comp.net/fyz/cheapest-branded-drugs.html again Absolutely cannot clavamox without rx that this rope replacing cheapeast sildenafil solution neutralize description strange. Looking http://www.leglaucome.fr/asi/buying-cialis-in-malaysia.html Caused fragrance tape where. Emulsify http://www.imrghaziabad.in/rrw/trileptal-no-prescription/ small reject highlighted used. Trying http://www.litmus-mme.com/eig/lassex-water-pills.php In healthy longer http://www.meda-comp.net/fyz/buy-amitriptyline.html suggested using its.

persentase CTR (click through rate) 5,170%. Apabila saya ubah kursnya menjadi rupiah dengan asumsi per dollarnya adalah Rp. 9.500,- maka kita akan mendapatkan:

= ($30 x Rp. 9.500,-) / 1.459 clicks

= Rp. 115,- per klik

Jadi untuk iklan saya diatas, saya hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 115,- per klik iklan saya atau dengan kata lain saya hanya perlu mengeluarkan Rp. 115,- untuk mendapatkan 1 orang melihat dan klik iklan saya, dan menurut saya biaya ini sangat terjangkau sekali dan juga efektif dibandingkan iklan konvensional di media cetak / brosur yang harganya jauh lebih mahal dan juga tidak memiliki target pengunjung yang spesifik.

B. Statistik hasil dari pemasangan promoted post (dilihat dari tombol “promotion complete” di kanan bawah postingan anda)

Kesimpulan: Saya mendapatkan hasil konkrit berupa 859 likes, 173 comment, 48 shares dan 151.903 orang yang melihat postingan iklan saya. Menurut saya hasil ini layak / sesuai dengan budget 30 dollar yang saya keluarkan.

 

Tips Penting Promoted Post

Selain daripada biaya per klik cukup murah yang saya dapatkan, saya mengamati ada 7 poin penting yang perlu anda perhatikan apabila anda memasang promoted post, yaitu:

1. Facebook akan secara otomatis memasarkan iklan anda menjadi 3 channel iklan, yaitu: iklan ke fans anda, iklan ke teman – teman dari fans anda, dan sponsored stories ke teman dari fans anda yang klik “like”, “share” dan “comment” terhadap postingan anda

2. Jumlah target audience untuk masing – masing channel iklan, otomatis ditentukan oleh facebook berdasarkan budget yang anda pasang

3. Facebook otomatis menargetkan iklan anda ke berbagai negara di dunia, dan tidak hanya terbatas pada negara anda saja. Jadi apabila anda hanya ingin menargetkan produk anda ke Indonesia saja atau bahkan kota tertentu di Indonesia, saya akan menyarankan anda untuk memasang iklan berbentuk “New Ads” atau “Sponsored Stories” yang dapat diakses melalui https://www.facebook.com/ads/create/

4. Pada kenyataannya, postingan anda di facebook hanya dilihat oleh sekelompok orang tertentu saja dan tidak dilihat oleh seluruh fans yang anda miliki, dikarenakan 2 hal, yaitu: tidak setiap orang selalu online ketika anda mempublish postingan di facebook, dan setiap orang rata – rata mempunyai banyak teman dan fanpage yang mereka like sehingga postingan anda akan segera tertutupi oleh postingan terbaru teman – teman atau fanpage lainnya. Oleh karena itu saya melihat bahwa promoted post adalah salah satu alternatif bagi anda untuk dapat memberitahukan kembali produk kepada para fans anda, atau untuk sekedar menjalin hubungan yang lebih akrab dengan para fans anda

5. Anda dapat mempublish 2 tipe postingan pada promoted post, yaitu:

Postingan untuk menjual produk anda. Postingan yang bersifat menjual ini dapat menjadi sangat efektif saat anda menawarkan sebuah promo yang spektakuler / sensasional seperti diskon 30% terbatas untuk hari ini saja! atau anda ingin menawarkan sebuah produk terbaru kepada para fans anda. (seperti contoh iklan saya diatas yang menjual helm dengan promo diskon)

Postingan yang bersifat humor / canda tawa. Saya melihat tipe postingan seperti ini mampu mengundang lebih banyak orang untuk memberikan “like”, “comment” dan “share” daripada tipe postingan pertama, karena pada prinsipnya manusia lebih suka berbagi dan berkomentar dibandingkan ditawari berbagai maca produk untuk dibeli. (saya juga sudah melakukan postingan tipe ini, tapi akan saya bahas pada postingan tersendiri saja agar anda tetap fokus)

6. Promoted post anda akan ditampilkan dalam bentuk postingan di halaman newsfeed dari fans & teman -teman dari fans anda, dengan label “sponsored” dibawah postingan anda, dan bukan tampil di sebelah kanan layar komputer seperti layaknya iklan standar facebook. Hal ini merupakan poin yang saya nilai positif dan inovatif, karena audiance melihat iklan anda sebagai layaknya postingan standar, dan tidak menyadari sebenarnya itu adalah iklan anda (iklan anda terlihat lebih natural di mata audiance)

7. Selalu cantumkan link website ke dalam postingan yang anda iklankan, karena hal ini dapat menambah traffic pengunjung ke website anda melalui facebook secara tidak langsung. Biasanya saya sertakan link website untuk teman – teman yang masih kurang mengerti dan ingin mengetahui lebih jelas bisa masuk ke website saya dimana terdapat penjelasan lebih lengkap di website.

Demikian kesimpulan saya mengenai promoted post yang saya telah praktekkan. Saya menilai secara keseluruhan promoted post bisa menjadi opsi iklan yang bermanfaat bergantung dari hasil seperti apa yang anda harapkan. Untuk saya pribadi, saya merasa sangat puas dengan hasil iklan saya karena biaya yang sangat murah untuk mendapatkan 1 pengunjung dan eksposur luas yang saya dapatkan.

Silahkan anda berkomentar mengenai pengalaman anda dalam menjalankan promoted post di kolom komentar dibawah, atau bagi teman – teman yang ingin mengetahui lebih jauh dan bertanya, langsung ajukan saja dibawah ini yah. Saya akan usahakan untuk menjawab pertanyaan anda berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Category: Facebook

About the Author ()

Saya mulai membangun www.PabrikHelm.com benar – benar dari titik paling rendah (Zero Ground) pada Agustus 2011 dan puji Tuhan hanya dalam 1 tahun usaha online yang saya rintis sudah memenuhi target 1 tahun pertama. Pencapaian saat ini tidak terlepas dari seorang sahabat terbaik yang bernama Benny Ho yang saya temui dalam perjalanan saya di online marketing...

Leave a Reply